Home » » Negara Agraris Yang Mulai Terlupakan

Negara Agraris Yang Mulai Terlupakan



(Oleh ARief Roezmin)

Masih ingatkah kita apa kata orang tua dan guru ketika masih
duduk di Sekolah Dasar tentang Indonesia???
Indonesia merupakan Negara Agraris yang mana sebagian besar penduduknya bermata pencaharian petani itu kata mereka,
namun yang kita lihat bagaimana kondisinya dengan saat ini???? Saat ini yang tampak jelas adalah lahan pertanian terus tergerus lahannya oleh pembangunan itu yang sangat nyata dan kadang bangunan yang sudah dibangun itu pun tidak dimanfaatkan dengan baik, bahkan beberapa bangunan (ruko.red) yang pernah saya lihat dibiarkan usang begitu saja. Padahal sektor pertanian memiliki peranan strategis dalam pembangunan perekonomian Negara. Sektor ini merupakan sektor yang tidak mendapatkan perhatian serius dari pemerintah, mulai dari kebijakan-kebijakan seperti bawang impor, beras impor.

Sangat miris sekali ketika melihat rakyat Indonesia yang sebagian besar bermata pencaharian petani namun menjadi budak di Negara sendiri. Sampai detik ini masih terlihat jelas bahwa pertanian merupakan sektor yang sangat banyak menampung tenaga kerja dan sangat banyak masyarakat yang menggantu
ngkan kehidupannya di sektor ini. Salah satu bukti bahwa pertanian ini tidak mendapatkan perhatian serius adalah masih banyaknya petani yang termasuk kedalam golongan miskin. Seharusnya pemerintah memperhatikan kondisi pertanian ini secara serius dengan alasan:
  • Potensi  Sumber Daya Alam yang besar dan beragam 
  • Sangat besar berpengaruh terhadap pendapatan nasional 
  • Pengaruh terhadap ekspor nasional 
  • Besarnya penduduk Indonesia yang menggantungkan kehidupannya kepada sektor ini 
  • Penyedia pangan masyarakat dan menjadi basis pertumbuhan di pedesaan.
Itulah beberapa alasan yang harusnya menjadi pusat perhatian bagi pemerintah, saat ini pemerintah terus dan terus membahas kondisi internal parpolnya, dan mengesampingkan kesejahteraan masyarakat petani khususnya.
Apa saja kebijakan pemerintah yang menguntungkan bagi petani???. Sebagai  mahasiswa kita harus peka terhadap kondisi ini jangan sampai kita kebablasan apatis sehingga kita tidak memperhatikan kondisi sosial di lingkungan sekitar kita. 

Bangkitlah para petani, bangkitlah para mahasiswa!!
Petani dan mahasiswa progressif adalah masa depan bangsa
di bumi nusantara agraris ini!!!
 

1 komentar: