Home » » Bunga Rampai Dakwah Oleh Mayang Indah Humas Periode 2013-2014

Bunga Rampai Dakwah Oleh Mayang Indah Humas Periode 2013-2014



            Masih terekam jelas dalam memory bagaimana heroiknya reformasi sejak 15 tahun yang lalu, yang mana digaungkan oleh Pemuda yang seyogyanya tidak akan pernah berhenti  menorehkan tinta sejarah, dengan semangat yang mengusung misi perubahan telah mengakar dalam jiwa pemuda saat itu dan tak terlupakan kita sekarang yang notabennya adalah pemuda, memiliki sebuah kekuatan yang tidak dimiliki oleh kaum tua lainnya.
            Lahirnya Reformasi salah satunya merupakan bentuk dari perubahan perekonomian yang cukup membuat ketar-ketirnya pemerintahan orde baru. Di mana nilai tukar rupiah menjadi sangat rendah hingga infalsi mencapai 600 %. Nampaknya adalah momentum tepat masa itu untuk reformasi. Sebut saja KAMMI “ Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia” , betapapun tidak sebuah organisasi yang baru seumur jagung terbentuk pada 29 Maret 1998 dan bahkan ia masih putik yang sangat kecil, mampu menggulirkan pemerintahan militer Soeharto pada 21 Mei 1998.
            Pemerintahan yang berkuasa lebih kurang 32 tahun ini dibuat runtuh oleh sebuah perlawanan kalangan muda masa itu. Jika kita flashback pada sejarah di mana Soekarno, tahun 1966 digulirkan oleh pemuda, maka pemerintahan orde baru menjadi lebih preventif lagi. Terbukti dengan diberikan hadiah yang mengejutkan bagi para aktivis kampus, khusunya dewan mahasiswa( DEMA) dan Senat Mahasiswa ( BEM) serta banyak aktivitas yang dibatasi ruang geraknya, serta taktik dari presiden yang menginginkan kampus sebagai tempat menuntut ilmu bukan sebagai pengkritik kebijakan pemerintah, tentu hal ini menjadikan posisi student government menjadi rancu masa itu serta banyak mahasiswa beralih menekuni dunia perkuliahan, dengan tidak melakukan pengkritisan terhadap kebijakan yang diambil oleh pemerintah. Sehingga banyak peraturan yang lahir masa itu, ruang gerak mahasiswapun sangat terbatas. Salah satunya adalah lahirnya SKS yang mengharuskan mahasiswa mengejar studinya. Serta organisasi mahasiswa yang diketuai langsung oleh dosen. Ditambah dengan militer yang mulai masuk dalam tubuh dan ruh kampus, terbukti dnegan kampus dipimpin oleh rektor dari militer.
            Fenomena yang terjadi di masa lalu fase Soekarno menjadi pijakan awal dari pemerintah masa itu. Yang mana mereka harus membuka mata lebar-lebar. Untuk melek dalam perjalanan dan pergolakan di dalam kampus. Pemuda yang tak pernah berhenti menorehkan sejarah, mulai dari angkatan 08 Budi Utomo, angkatan 1928 lahirnya Sumpah Pemuda, 1945 Awal kemerdekaan, 1966 itu adalah angkatan pemula yang menurunkan kepemerintahan Soekarno seorang proklamator, 1974 , 1978, hingga fase akhir 1998  fase lahinrya romantika pergerakan mahasiswa yang menurunkan rezim orde baru Soeharto.
            KAMMI yang mengambil peran dalam reformasi menunjukan betapa sebuah organisasi yang seumur jagung ini memliki peran penting dalam sejarah. Sebuah refleksi dari MILAD ke-15 ini menunjukan KAMMI memiliki bibit-bibit unggul untuk Indonesia menjadi tonggak awal dari kemajuan bangsa dengan mengusung BUNGA RAMPAI DAKWAH ( Buku, Ngaji, Ramah Pandai dalam Berdakwah) sebagai bentuk ruh Perbaikan Bangsa INDONESIA.

# Membumikan Islam dalam Bingkai Muslim Negarawan
KAMMI Al Quds

1 komentar: