Home » » Pentingnya Meminta Hidayah

Pentingnya Meminta Hidayah



oleh Cahyati/Humas 2013-2014




 
Pentingnya meminta hidayah kepada Allah SWT adalah hal mutlak yang mesti dan harus dilakukan oleh setiap muslim. Bagaimana cara meminta kepada Allah? Ya sebagaimana halnya meminta, kita harus menengadahkan tangan kita di setiap keadaan kita butuh yaitu ber-DOA. Seperti dalam riwayat hadits Tirmidzi: “Do'a adalah otaknya (sumsum / inti nya) ibadah.” (HR. Tirmidzi)

Begitu besarnya kekuatan doa sehingga disebut-sebut sebagai otak atau intinya ibadah. Doa tidak pernah mengalamatkan kita sebagai orang yang hina, tetapi doa adalah salah satu alamat yang mengiyakan jika kita memang adalah makhluk yang lemah. Doa akan mendekatkan diri kita kepada Allah, karena Allah tidak akan pernah membiarkan hamba-Nya kecewa, Allah akan selalu mengabulkan setiap doa, tetapi ada kalanya doa kita langsung dikabulkan oleh Allah, tapi terkadang Allah menyimpan doa kita dan memberikannya disaat kita butuh, seperti riwayat hadits berikut:
Sesungguhnya Allah Maha Pemalu dan Maha Murah hati. Allah malu bila ada hambaNya yang menengadahkan tangan (memohon kepada-Nya) lalu dibiarkannya kosong dan kecewa.” (HR. Al Hakim).
            Maha Agung Allah dengan segala kebesaran-Nya. Dia begitu baik kepada hamba-hamba-Nya, tetapi terkadang manusia lebih sering mengeluhkan hidupnya karena miskin sehingga menuduh Allah tidak adil, Allah tidak sayang, karena tidak memberikan rezeki yang banyak. Astaghfirullah al’adzim. Tak sepatutnya kita berburuk sangka kepada Allah seperti itu.
            Nah dalam hal ini, kita sebagai mahasiswa meski bercermin menyadari siapa diri kita sebenarnya. Kita tidak lebih dari manusia yang lemah, yang tak mampu berdiri sendiri tanpa orang lain dan tanpa Tuhan kita.
Dari Ali, ia berkata bahwa Rasulullah saw mengatakan kepadanya “ucapkanlah doa : Allahumma inni as-alukal huda was sadaad (Ya Allah, kami meminta kepada-Mu petunjuk dan kebenaran).”
            Dari hadits ini kita belajar :
1. Pentingnya meminta kepada Allah SWT hidayah ilmu (berupa penjelasan) dan hidayah taufiq (berupa petunjuk untuk beramal) karena boleh jadi sesorang sudah mendapat ilmu namun belum bisa mengamalkannya.
2. Pentingnya meminta as-sadaad yaitu mencocoki kebenaran baik dalam ucapan, perbuatan, dan keyakinan (i’tiqod).
3. Hendaklah setiap hamba banyak meminta tolong pada allah dalam setiap urusannya.
            Semoga kita menjadi hamba Allah yang selalu senantiasa berdoa dalam keadaan apapun, baik kita dalam keadaan susah maupun senang, karena Allah akan selalu melimpahkan rahmat kepada hamba-Nya yang merendahkan diri dihadapan-Nya.

1 komentar: