Home » , , » Hidup Mulia dengan Barang Hina

Hidup Mulia dengan Barang Hina


(Oleh: Muhammad Shodiqin)
Kadept. Kebijakan Publik KAMMI Al-Quds

Assalamualaykum.wr.wb.
Apa kabar wahai para muslim negarawan hari ini? sehat kan ruhiyahnya? fikriyahnya sehat juga kan? terus jasadiyahnya gimana? isssh kurang kerjaan banget ni orang nanya-nanya gak penting, kayak paling bener aja sudah, awak galak gawe duso nag ngomongi uwonggg.. astagfirullahaladzim, mudah-mudahan kita jauh dari kata merendahkan dan senantiasa membuka hati untuk setiap cahaya kebaikan yang menyinari kita ya...sebelum ana lanjutkan tulisan ini (cie tulisan), mari kita berikan semangat pada kebangkitan da’wah ini dengan senantiasa memekikkan TAKBIR.. .ALLAHUAKBAR.....
Para penggebrak peradaban marilah kita senantiasa untuk selalu memanjatkan puji dan puja syukur kita atas kehadirat ALLAH SWT karena alhamdulillah pada kesempatan hari ini kita masih dapat merasakan luasnya karunia Allah serta masih dapat menikmati damainya Islam dihati kita,
seandainya cahaya islam tidak menerangi setiap sisi kegelapan hati kita maka niscahya kita tidak akan mampu mengenal hakikat da’wah dan besarnya keuntungan yang akan kita peroleh, semoga kita istiqomah dijalannya, maka dari itu marilah kita realisasikan rasa syukur kita dengan senantiasa kita meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kita hingga pada akhirnya insya Allah syurga dapat kita rengkuh bersama-sama.
Namun keindahan dan kedamaian Islam tersebut akan tidak akan mengalir kesetiap denyutan darah kita dan tidak mungkin ada dalam setiap helatan nafas kita, tanpa adanya seorang ustadziyatul alam sejati, tidak mungkin ada tanpa seorang pemimpin yang luar biasa dan seorang itu tak lain tak bukan adalah Rasulullah Muhammad Saw. maka sudah sepatutnya lah kita sebagai umatnya untuk senantiasa bersholawat kepadanya, namum da’wah ini juga tidak mungkin tegak hanya karena Rasulullah sendiri tanpa adanya seorang-seorang sahabat dan keluarga yang selalu memberikan dukungan dalam keadaan apapun, bahkan jika harus nyawa mereka tidak akan ragu lagi mengorbankannya maka dari itu marilah kita juga senantiasa bersholawat kepada para sahabat dan keluarganya sehingga mudah-mudahan di Yaumil Akhir nanti kita dapat berada dalam satu forum kebahagiaan yang hakiki bersama orang-orang pilihan Allah. ..AAAAAMIN. .terus kalau guwe gak mau sholawat masalah buat lho ?, ya itu sich urusan ente mau sholawat mau kagak ya terserah tapi yang perlu kita ingat bahwa sampai helatan nafas terakhir Rasulullah pun masih menyebut nama kita, ummati.. 3x. Masak kita gak mau sholawat padanya, selain itu kita termasuk orang yang sombong dan kikir lho karena barang siapa ketika disebut nama Rasulullah tidak mau bersholawat maka ia termasuk orang yang sombong bahkan para malaikat pun ikut bersholawat kepadanya.
Sekarang baru ane akan masuk kecerita pengalaman ane rekreasi mencari inspirasi ke rumah islami penuh karunia ilahi yaitu  rumah zakat prabumulih tepatnya di PIC (prabumulih ijo community). Apa sich yang dimaksud dengan PIC itu? mau tau? terus apa kegunaannya ?. tulisan ana ini akan ana kasih judul hidup mulia dengan barang hina.
Langsung aja dech. . . apa yang kawan-kawan pikirkan dengan sampah, pasti yang kita pikirkan semua hal-hal negatif tercurah didalamnya kan mulai dari bau, jorok, kotor, penyebab banjir pokoknya intinya pembuat masalah besar deh di negeri kita ini. Semua yang kita pikirkan itu memang besar, eh salah maksudnya benar. Kita bayangkan aja deh setiap tahun rata-rata sebuah kabupaten menghasilkan sampah sebanyak +/- 30.000.000.ton itu minimal coba ada berapa coba kabupaten di Indonesia kita tercinta ini, maka tak heran jika sampah selalu jadi momok bagi rakyat Indonesia ini bahkan pemerintah pun pusing dengan masalah ini, hampir 20 tahun kita berkutat dengan masalah sampah ini namun tidak juaga menghasilkan solusi konkret bagi bangsa ini. Maka tak heran jika sampai populer istilah jangan memakai filosofi hidup seperti sampah karena selalu merepotkan dan membuat masalah. Begitu banyak potensi Indonesia namun semua rusak karena tidak terorganisirnya sampah dengan baik. Coba sekarang kita perhatikan dimana sih yang tidak ditemui adanya sampah, lihat kanan, kiri, depan, belakang sampai-sampai diatas juga ada benar-benar luar biasa dampak dari sampah ini persentase pertumbuhannya seiring seirama dengan pertumbuhan manusia. Namun relevankah jika kita selalu menyalahkan sampah, kan kasihan dia tidak tahu apa-apa masak dihina , dicaci, dimaki, ditendang, dilempar emang salah aku apa sih kamu kok setega ini dengan aku, kamu lupa ya saat kamu sedih siapa yang menemani kamu, saat kamu terluka siapa yang mengobati kamu, kamu lupa semua itu, ehhh kok jadi kayak film drama ya, afwan ya bawaan nonton drama semalam nih jadi kayak gini, ya udah kembali ke topik awal kita tadi ya terkait sampah. Jadi intinya belum ada dampak positif dari sampah ini ya? terus akankah kita mati dalam timbunan sampah, aku tak rela,aku gak mau, aku gak sudi, aku harusss gimaaaaanaaaaaaa....?.
Tenang semua bisa diatasi dengan bank sampah.. . apa bank sampah ?, apaan tuh ?, emang disana ada apa aja, simpan pinjam sampah ?. penasaran ya ? kasihan banget sich ampe gitu banget nanyanya. Nah kawan-kawan para pejuang tangguh da’wah ternyata semua yang kita pikirkan kini telah tiba saatnya untuk diputar 180ยบ karena benar apa yang dikatakan oleh al-qur’an tidak mungkin ada masalah tanpa solusi, tidak mungkin ada penyakit jika tidak ada obatnya semua tergantung bagaimana kita memandang dan menyikapi masalah tersebut, istimewanya islam selalu menjadi rahmatan lil alamin dimanapun, kapanpun dan bagaimanapun keadaannya. Inilah yang tengah diperjuangkan oleh kawan-kawan PIC. Mereka mengangkat sebuah peluang yang tidak pernah dipikirkan oleh orang-orang sebelumnya, jika dari zaman dahulu sampai dengan era milenium sekarang ini kita selalu menganggap tidak ada manfaat dari sampah justru ternyata terkandung potensi luar biasa yang terdapat pada sampah. Kok bisa sih kayak mana emang?  cerita ini semakin membakar rasa penasaranku pleaseeee. . .jawabbbb . . .!!!!!!. oke. Jadi rekan-rekan sampah dapat menjadi penggerak ekonomi kita, sampah dapat membuat kita kaya, sampah dapat membuat kita beribadah dengan tenang, terussss gimana caranya ?, nah coba kita pikir apa yang sama-sama dimiliki oleh orang kaya dan orang miskin, apa yang sama-sama dimilki oleh anak-anak dan orang dewasa, gak mungkin kan kalau mobil, motor, laptop, itu gak mungkin itu mah cuma dimiliki oleh orang-orang kaya aja tau’. Jadi apa coba jawabannya. ..tik tok..tik tok. .tik tok.. habis waktu nya nah jawabannya adalah SAMPAH.. . ya benar jadi yang sama-sama dimiliki oleh orang kaya dan orang miskin adalah itu bahkan orang miskin punya lebih banyak dari orang kaya. Bayangin barang yang dianggap tidak berguna, barang yang dianggap sumber masalah, barang yang dianggap hina ternyata bisa mengubah hidup kita, mari kita kumpulkan sampah sebanyak-banyaknya sekarang juga .. . .. . eiitssss....nanti dulu emang antum-antum semua tau gimana cara buat sampah jadi berharga, bukan untuk disulap yang tiba-tiba jadi emas, jadi sistemnya adalah daur ulang sampah BROOOOO.
Adapun langkah yang kita lakukan pertama adalah (dibuat pertama biar mikir seterusnya salahnya gak ikut ke PIC prabumulih) :
1.      Menanamkan niat untuk siap sukses dan mencoba menjadi pemecah masalah yang telah usang yaitu pahlawan sampah. . .hahahahahha.
2.      Membentuk tim yang total dan loyal agar tercipta kesolidan tidak saling iri, SADAR KAWAN KITA BUTUH SUPER TEAM BUKAN SUPERMAN maupun SUPERGIRL.
3.      Menata struktur team kita mulai dari ketua beserta staff jajarannya sampai membuat administrasi seperti AD/ART jangan lupa daftarkan organisasi anda.
4.      Mulai merancang dimana anda akan bergerak, dibidang apa anda akan bergerak, berapa biaya yang ditentukan.
5.      Lakukan semua itu dengan segera mungkin jangan sampai semangat anda menguap.
Kawan tugas kita adalah menyelesaikan masalah ingat jangan meminta sesuatu yang besar, fitback yang besar tidak diperoleh dari cara yang instan coba lihat para artis profesional mereka tidak mendadak sukses tapi harus melalui tahap yang panjang dan berliku sehingga kesuksesan akan melekat kuat pada diri kita, coba bandingkan dengan artis yang sukses dengan cara instan sukses yang ada pada dirinya juga tidak awet. Seperti Norman Kamaru cepat terkenal tapi cepat juga hilang eh bukan bermaksud ghibah lho. Nah gitu kawan yang jelas jangan pesimis buang jauh-jauh kata gagal terus berusaha sampai takberdaya niscahya engkau akan JAYA. .. peh cag motivator ulung be kau ini. . .hehehehhee. ..sekarang jika ditahap awal tadi bicara langkah-langkahnya sekarang kita bicara mekanisme apa yang harus dilakukan dalam membuat bank sampah.
Tugas pertama yang kita lakukan adalah memisahkan antara sampah organik dan non organik, cara ini terkesan simple namun ternyata susah lho, anda harus sosiaisasi ke warga-warga terkait hal ini terus anda dirikan bank sampah disetiap pos dan pembagian tong sampah juga bisa jadi. Setelah itu sistem yang harus anda lakukan adalah menjemput bola jadi anda keliling dari pos ke pos bila perlu door to door untuk ngambilin sampah, cukup itu aja caranya bro tapi konsisten yaaa, baru nanti dirumah di daur ulang yang organik jadi kompos yang anorganik jadi kerajinan tangan, bayangin dari sampah dapat tercipta tas keren, lampu belajar, payung dan lain sebagainya (sayang gak bisa nampilin gambarnya).. nah jadi ibu/ibu bapak/bapak setiap hari nyetor sampah nanti ditimbang dan dimasukkan kedalam buku tabungan sampah, tabungannya bisa berupa tabungan pendidikan yang setiap semester cair atau gajian cie yuhuuu.., atau tabungan tipe lebaran jadi setiap lebaran baru gajian asekkk baju baru. . .terus kapan kaya nya kalau kayak gitu? lhoo oo masih gak mudeng bayangin beli sampah plastik Cuma Rp.500/kg pas kita modif per barang bisa Rp.25.000 dalam satu kilo berapa aqua misal ada 30 aqua 30x25.000=750.000, bayangkan kawan-kawan bayangkannnnnnn saingan gak ada sampah banyak mau mobil gampang, mau rumah kecil, mau istri ,, ,, ehmmm nanti dulu deh, lho kok jadi kesana arahnya. ..  udah2 kembali lagi ke tema, terus gimana dengan sampah organik ?. sampah organik kita jadikan kompos jokkk, bayangin sampah itu Cuma Rp.100/kg jika sudah jadi kompos Rp.2500/kg, waw kereeen. Di Prabumulih aja permintaan kompos 2000 kg/hari dan PIC Cuma bisa 200 kg/bulan banyak banget kan peluangnya . Mau-mau yaudah sana cari sampah aja ngapain jadi mahasiswa. . . waduhhhh gimana sudah tertarik dengan prospek sampah jangan sampai rebutan sampah ya, rencana nya komsat kita mau buat bank sampah juga sehingga sekitar kita bersih asri, dan mandiri gak perlu lagi nyari kerja kalau bisa malah menampung pekerja KEREN BANGET. ..

Kalau gitu mari kita bahu-membahu membangun lingkungan asri dengan pengolahan sampah mandiri.. salam kerennn ndan, sukses dari sobat KAMIJO. . . . . ALLAHUAKBAR.. ..wassalamualaykum.wr.wb.

1 komentar: