"TIPS IDUL ADHA BERKAH"



“Allahu akbar, Allahu akbar, laa ilaaha illallah wallahu akbar, Allahu akbar wa lillahil hamd (Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, tidak ada sesembahan yang berhak disembah dengan benar selain Allah, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala pujian hanya untuk-Nya)”.

│“Taqobbalallahu minna wa minkum wa ahaalallahu ‘alaika

Selamat Hari Raya Idul Adha KAMMILovers J

Hayooo, jangan pada merengut. Meskipun banyak KAMMILovers yang belum bisa menyempatkan untuk berkumpul bersanding dengan keluarga dirumah. Jangan kuatir, kita dan lingkungan kita sama seperti keluarga sendiri kok. Kan setiap muslim bersaudara. Pun dengan KAMMILovers yang sedang berkumpul dengan Keluarga, jangan sia-siakan momentum tersebut untuk berkasih sayang ya …

Kali ini Penulis, Mencoba untuk berbagi Tips-tips nih agar ibadah kita pada hari ini bisa Optimal. Semoga bisa bermanfaat ya, ambil sisi positifnya :

1.   Bersuci dengan mandi untuk hari raya, berdasarkan riwayat dari Nafi’ bahwa Abdullah Bin Umar mandi di hari raya ‘Idul Fitri sebelum berangkat ke Mushalla (tanah lapang untuk shalat) (HR. Imam Malik)
2.      Tidak makan di hari raya ‘Idul Adha sampai selesai shalat  adalah agar daging qurban bisa segera disembelih dan dinikmati setelah shalat ‘ied. hal ini berdasarkan hadits dari Buraidah bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pada hari raya Idul Adha tidak makan sampai kembali, lalu makan dari sembelihan kurbannya. (HR. Tirmidzi)
3.     Berhias dan mempercantik diri dengan memakai pakaian yang terbaik yang ada serta memakai minyak wangi dan bersiwak, sebagaimana Ibnul Qayyim di dalam Zaadul Ma’ad (I/441) menyebutkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memiliki Hullas (sebuah jenis pakaian khusus) untuk berhari raya.
4.      Disunnahkan berangkat dengan berjalan kaki, tenang dan santai ke Musholla (tanah lapang), dan pulang melewati jalan yang lain, Dari Ibnu ‘Umar, beliau mengatakanRasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berangkat shalat ‘ied dengan berjalan kaki, begitu pula ketika pulang dengan berjalan kaki.“.
berdasarkan Ibnul Qayyim di dalamZaadul Ma’ad ( I/449) berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar dengan berjalan kaki dan keluar melalui jalan yang berbeda pada hari raya.” (Riwayat Al-Firyabi dengan sanad shahih lihat Irwaul Gholil, 2/104)
5.   Bertakbir ketika keluar hendak shalat ‘ied. Dalam suatu riwayat disebutkan, Dari Ibnu ‘Umar, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berangkat shalat ‘ied bersama Al Fadhl bin ‘Abbas, ‘Abdullah bin’Abbas, ‘Ali, Ja’far, Al Hasan, Al Husain, Usamah bin Zaid, Zaid bin Haritsah, dan Ayman bin Ummi Ayman, mereka mengangkat suara membaca tahlil (laa ilaha illallah) dan takbir (Allahu Akbar).”


Wallahualam bissawab
Semoga segala sesuatu yang kita lakukan bernilai ibadah untuk sang Kholiq.
Aamiin.

Oleh : Septa G. Saputra
Dari : Berbagai sumber [dominansi muslim.or.id]

1 komentar: